PENTINGNYA MENTAL HEALTH

 Halo guys

 Pernahkah kalian mendengar yang namanya " mental health"? Ataukah kalian baru mendengarnya semenjak memasuki dunia perkuliahan? Inilah penjelasannya.

Sesuatu yang sangat penting , layaknya pembelajaran psikologi, tidak hanya membantu kamu dalam menyikapi setiap peristiwa yang terjadi dalam hidup kamu, namun juga bagaimana kamu megambil tindakan setelah mendapatkan permasalahan tersebut. Itulah mengapa pentingnya mental helath. Saking pentingnya nih, kita sering mendengar saat SMA bahwa bimbingan konseling adalah tempatnya anak untuk berkonsultasi baik mengenai kepribadian, namun juga langkah selanjutnya dalam meniti karir yang sesuai dengan diri kita. 

Kecerdasan emosi, begitulah aku menyebut persamaan dalam mental health ini. Kenapa? karena hal ini sangat menyangkut karakter seseorang, bahkan jika mempunyai mental helath yang buruk, akan mudah menyebabkan depresi, tak jarang bunuh diri, seperti banyak dialami negara tetangga kita korea selatan. 

Pembentukan mental health ini dimulai dari keluarga, yang akan sangat menentukan bagaimaana karakter dan diri kita. dan sebagai penunjang sekundernya adalah sekolah atau universitas. Dimana disini, pembantu dalam menbentuk mental helath itu adalah pada guru atau dosen yang tak lain seperti layaknya orang tua kedua kita di sekolah.

Namun, anehnya terkadang banyak yang menyepelekan adanya mental health ini. Sungguh sangat disayangkan jika pengetahuan dan pembelajaran mental helath ini diacuhkan.

Beberapa penyebab adanya kerusakan dalam kesehatan mental health adalah, perceraian, perkelahian dengan teman sekolah, pembulian, pencemoohan, pengasingan, perlakuan yang tidak adil baik di sekolah/rumah/masyarakat, pembedaan ras/suku/agama/kekayaan, adanya pilah-pilih dalam berteman, pilih kasih, tingal di lingkungan yang buruk, mengalami kematian oleh orang terdekatnya, kecanduan obat terlarang, pengangguran, tunawisma dan phk, stress berat yang dialami dalam waktu lama, kekerasan dalam rumah tangga dan pelecehan seksual, trauma yang serius seperti kecelakaan atau kejahatan ayng pernah dialami ,dan lain sebagianya.

Seperti kasus baru baru ini, anak sekolah yang berasal dari keluarga yang tidak mampu dengan perolehan keluarga yang sangat kecil sehingga mengharuskan dia pergi sekolah  tanpa memakai alas kaki yang memadai , ditambah dengan kabar berita bahwa orang tuanya sudah bercerai, menajadikan dia sebagai topik perbincangan diatara teman-teman sekelasnya. Ia pun sepulang sekolah dibuli habis-habisan hingga membuatnya terpojok dan ketidakadilan memihaknya.

Lalu apakah gejala adanya penyakit mental healt?

Menjadi tidak fokus saat pembelajaran, suka menyendiri, suka mengasingkan diri dari lingkungan dan masyarakat,minder yang berlebihan, tidak percaya diri, cemas dan kurangnya rasa aman, merasa sedih, tidak berarti dan mudah tersinggung,perubahan drastic dalam perilaku sehari-hari,merokok, minum alcohol,rasa lelah yang signifikan,tidak mampu memahami situasi dan orang disekitarnya, dan lain sebagainya.

Lalu apakah resiko akibat tidak seimbangnya mental health?

Memiliki kelainan pada otak, perempuan memiliki kecemasan yang sangat tinggi bahkan depresi berat yang mengharuskannya ke pergi ke dokter, memiliki kegagalan dalam hidup seperti sekolah dan pekerjaan,menyalahgunakan alcohol dan obat-obatan terlarang,memiliki masalah dalam gaya hidup dan pergaulan di masyarakat, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, pengetahuan mengenai mental helath sangat penting bagi masyarakat modern saat ini. Dimana sering ditemui adanya stress pekerjaan dan beban hidup yang berdampak pada kesehatan mentalnya. Yang mana kalau tidak ditangani dengan benar ,dan mengetahui dengan benar gejala ,dan penyebabnya akan menyebabkan sulitnya beradaptasi  di lingkungan dan pekerjaannya. Disinlah pentingnya pembelajaran mental health dalam jenjang pendidikan perkuliahan ini  

 


Komentar